Selasa, 04 September 2012

Validasi & Konversi Bilangan di PHP

Kali ini saya akan berbagi cara membuat program PHP untuk membuat konversi bilangan yang disertai dengan validasi nama dan jenis kelamin, dalam program ini saya mencampur berbagai bahasa  yaitu PHP, HTML, CSS, dan JavaScript.

Oke, dari pada bingung ayo disimak prosesnya :

  1. Buka Netbeans, buat New PHP Web Page. Terserah mau diberi nama apa dan Anda letakkan dimana saja. Beri nama misalnya :KonversiBil&Validator.php
  2. Jika sudah membuat file, langsung saja ketikkan code dibawah diatas tag <html>. Code ini adalah code php yang digunakan untik memvalidasi nama dan gender.

  3. Selanjutnya ketikkan code berikut. Code ini fungsinya untuk desain tampilan web. Jangan lupa beri Judul diantara tag <tittle></tittle> , beri judul misalnya : Masuk.
  4.  
  5. Pada code di proses sebulumnya ada tulisan <form action="KonversiBilangan.php" method="post" name="form1">, itu artinya setelah data terisi benar proses akan berlanjut ke KonversiBilangan.php. Maka buat lagi web page dengan nama tersebut lalu tuliskan code berikut di atas <HTML>.
  6. Kalau sudah ketikkan code css berikut di dalam head, gunanya untuk memperindah tampilan web.
  7. Kemudian ketikkan code html & php berikut di bawah body, code ini berfungsi untuk menampilkan apa yang sudah kita buat di web page pertama tadi.
  8. Setelahnya tulis code html berikut untuk menampilkan form dan pilihan konversi nantinya. Dan coba Anda lihat pada form ini, actionnya bertuliskan action="<?php echo $_SERVER['PHP_SELF']; ?>"  yang artinya adalah file itu nantinya akan di proses di file PHP itu sendiri, yaitu file KonversiBilangan.php
  9. Yang terakhir adalah code untuk konversinya sebagai berikut dan profram siap di run dengan tekan shift+f6.
Ini adalah screenshotnya


Tampilan Awal
Alert Bila nama dan jenis kelamin kosong


Tampilan Konversi

Inputan Desimal salah
Data belum lengkap
Hasil Konversi Bilangan


0 Comments:

Posting Komentar