Selasa, 03 November 2015

Praktikum 1 Praktek Perakitan Komputer

Simulasi Perakitan Komputer pada IT Essential Virtual Desktop

1. Buka aplikasi CISCO IT Esentials Virtual Desktop, kemudian klik tombol “skip” untuk meneruskan ke bagian berikutnya.

2. Langkah selanjutnya adalah memasang Power Supply ke dalam Casing. Klik icon “Power Supply”.

3. Atur posisi PSU agar sesuai dengan penempatan pada casing kemudian klik tombol “anak panah ke bawah”untuk pemasangan PSU ke Casing.

4. Lengkapi pemasangan PSU dengan memasang screw dengan mengklik icon “power supply screw” dan drag ke titik lobang screw antara PSU dan Casing

5. Langkah selanjutnya adalah memasang komponen-komponen hardware ke dalam Motherboard. Klik menu “motherboard”

6. Kkemudian, pasang R M ke motherboard dengan mengklik icon “R M1” dan jika perlu lakukan pemasangan R M 2 ke slot 2 dengan mengklik icon “R M2”

7. Atur posisi R M sehingga sesuai dengan penempatan pada slot motherboard, kemudian klik tombol “anak panah bawah” untuk pemasangan R M ke Motherboard.

8. Kunci RAM dengan mengklik alat pengaman pada kedua sisi slot RAM

9. Lakukan langkah yang sama untuk memasang RAM 2 pada slot 2 di motherboard

10. Langkah berikutnya adalah memasang CPU atau Prossesor pada Motherboard. Klik icon “CPU”

11. Aur posisi penempatan sesuai dengan posisi slot pada motherboard, kemudian klik tombol “anak panah bawah” untuk pemasangannya.

12. Kunci penutup CPU, sehingga CPU terpasang secara aman

13. Langkah berikutnya adalah mengoleskan thermal compound pada permukaan CPU supaya heatsink dapat merekat pada CPU. Klik icon “thermal compound” dan drag pada permukaan CPU.

14. Kemudian pasang heatsinkdi atas CPU. Klik icon “Heat Sink”, kemudian drag ke atas CPU.

15. Tekan tombol pengunci pada Heat Sink, sehingga heat sink terpasang erat pada CPU

16. Kemudian pasang konektor catu daya heat sink pada konektor yang tersedia di motherboard. Atur posisi yang sesuai dengan posisi slot pada motherboard, kemudian klik “anak panah bawah” untuk pemasangan konektor catu dayanya.

17. Langkah berikutnya adalah memasang motherboad ke dalam Casing. Klik tombol “install motherboard”.

18. Atur posisi motherboard sehingga sesuai dengan posisi yang disediakan pada casing, kemudian klik “anak panah bawah” untuk pemasangan motherboard pada casing.

19. Kemudian, pasang screw pada motherboad dengan mengklik icon “motherboard screws” dan drag pada lubang screw di motherboard


Kesimpulan

Dalam merangkai kabel, tidak boleh ada yang salah. karena jika terjadi kesalahan maka dapat terjadi konsleting listrik dan bios tidak akan berjalan. Ketikan anda mulai memesang komponen jangan sampai memaksakan apabila dirasa kurang pas. Pada pemasangan Prosesor hal tersebut dapat membuat pin prosesor soket prosesor pada matherboard patah. Dalam merakit komputer yang paling penting adalah tenang, berhati-hati dan konsentrasi dengan begitu kemungkinan terjadi kesalahn akan dapat diminimalisir.


IT Essential Virtual Desktop adalah sebuah tool yang berguna untuk mengurangi kesalahan perakitan komputer bagi orang awam. dengan apikasi ini pemula dapat dengan mudah mengenali hardware Komputer, kemudian merakitnya hanya dengan drag & drop tampa kawatir akan terjadi sesalahan yang fatal. Dengan nantinya mereka tidak akan kaget ketika praktek merakit PC yang sebenarnya.

0 Comments:

Posting Komentar